Friday 1 July 2011

Erti Sebuah Kesabaran


Assalamualaikum wbt...

Sudah lama diri ini ingin berubah menjadi manusia yang penuh dengan kesabaran, tetapi apakah daya diri ini...hanya Allah SWT sahaja yang tahu bahawa diri ini sangat mahu menjadi manusia yang penuh kesabaran...

* “Dan, sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”. (An-Nahl : 96)

*“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”. (Az-Zumar : 10)

* ”Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga serta bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.” (QS 3: 200)

* “Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan Rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah (2):155-157)

* Dari Suhaib r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

Adapun beberapa langkah untuk meningkatkan kesabaran di antaranya adalah:
1. Mengikhlaskan niat kepada Allah SWT
2. Memperbanyak tilawah karena al-Qur’an merupakan ubat bagi hati insan. Masuk dalam kategori ini juga adalah zikir kepada Allah.
3. Memperbanyak puasa sunnah untuk menahan syahwat
4. Mujahadatun Nafs, yaitu sebuah usaha yang dilakukan insan untuk berusaha mengalahkan keinginan jiwa
5. Mengingat-ingat kembali tujuan hidup di dunia
6. Perlu mengadakan latihan-latihan untuk sabar secara pribadi
7. Membaca-baca kisah-kisah kesabaran para sahabat, tabi’in maupun tokoh-tokoh Islam lainnya
dan tentu saja masih ada langkah2 lainnya yang tidak disebutkan.

Ya Allah SWT moga kau memberi hidayah  dan kesabaran kepada setiap hati2 yang meninginkan...

Wallahualam..

No comments:

Post a Comment